Tutorial Cara Upload Aplikasi Ke Google Play Store Dengan Mudah

Posted on

Tutorial Cara Upload Aplikasi Ke Play Store Dengan Langkah Mudah | Apakah Anda seorang pengembang aplikasi atau Anda ingin membuat aplikasi dan ingin menerbitkannya di pasar Android, seperti Google PlayStore? Jika demikian, saya ingin menjelaskan cara upload aplikasi atau game yang Anda buat sendiri di Google Play dan menghasilkan jutaan setiap bulannya. Untuk setiap pengembang aplikasi dan game, apakah itu perusahaan atau proyek pribadi, itu adalah sesuatu yang membuat Anda bangga jika aplikasi tersebut dipakai oleh banyak pengguna.

Tetapi untuk mencapai tujuan ini, tentu saja kita harus tahu cara memasarkan aplikasi, misalnya untuk menjual atau membagikannya secara gratis kepada orang-orang terdekat dan orang-orang jauh. Namun, akan membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan banyak pengguna. Selain itu, jika memasarkan secara manual, orang-orang yang minta untuk menggunakan aplikasi terpaksa terkesan. Dengan kata lain, mereka mungkin akan mengabaikan aplikasi dan memilih untuk menggunakan aplikasi orang lain di pasar app store seperti Apps Store atau PlayStore. Mengapa ini terjadi?

Jawabannya sederhana Kebanyakan orang akan berpikir bahwa semua aplikasi di pasar ini lebih dapat diandalkan dan lebih profesional. Ini terdengar seperti perbandingan antara pedagang kaki lima dan pedagang pakaian di mal. Keduanya menjual pakaian. Namun menurut Anda, pakaian mana yang terlihat lebih berkualitas? Kebanyakan orang mungkin akan berpikir bahwa pakaian pusat perbelanjaan itu jauh lebih baik dan berkualitas, bahkan jika kenyataannya tidak semua pakaian mal itu baik dan tidak memiliki kualitas terbaik.

Begitu juga sebaliknya. Tapi itu masih akan berdampak signifikan pada kepercayaan pelanggan, ini juga berlaku untuk aplikasi Anda. Sekarang, tentukan di mana aplikasi Anda akan dipasarkan? Menurut pendapat saya, lebih suka memasarkannya di salah satu pasar aplikasi terbesar di dunia, yaitu Google Play atau lebih akrab disebut Google PlayStore.

Mengapa Harus Memilih Google Play Store?

Ada banyak alasan mengapa Anda harus menerbitkan aplikasi di PlayStore. Dan berikut ini beberapa alasan keuntungan upload aplikasi ke playstore yang bisa dijadikan referensi:

  • Google Play sudah diinstal sebelumnya di semua ponsel Android. Instalasi aplikasi Android 95% berasal dari Google Play.
  • Kemampuan memonetisasi aplikasi Anda.
  • Salah satu toko aplikasi terbesar dan toko terpopuler untuk aplikasi dan game Android hingga saat ini.
  • Serangkaian alat pengembangan yang memungkinkan Anda untuk menganalisis fasilitas dan mengidentifikasi tren pasar.
  • Platform yang solid dan aman! Tidak ada virus dan malware.
  • Proses pengiriman aplikasi yang mudah.
  • Namun meski begitu, Anda juga harus tahu beberapa hal yang mungkin membuat Anda ragu. Karena, seperti yang kita tahu, ada banyak pedagang di mal.
Baca:  Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi Tambahan

Ini berarti Anda akan mendapatkan lebih banyak kompetisi untuk produk Anda. Selain itu, untuk memiliki pendirian, kita harus membayar uang. Ini juga berlaku untuk Anda jika ingin mempublikasikan aplikasi Anda di Google Play. Pertanyaannya adalah: mengapa saya harus membayar untuk memasarkan aplikasi saya ketika kompetisi sangat sulit?

Jawabannya sederhana meskipun ada banyak pedagang di mal yang memasarkan produk yang sama seperti kita, pada kenyataannya semua orang akan mencari perbandingan dengan pedagang lain, seperti kualitas dan kemudahan perawatan. Tidak semua pedagang gorengan berbaris di sisi jalan bersama pelanggan? Karena itu, yang Anda butuhkan di sini adalah keahlian dalam mempromosikan produk  (dalam hal ini aplikasi).

Tetapi sebelum berbicara tentang teknik promosi, ada baiknya untuk terlebih dahulu menerbitkan aplikasi Anda di Google Play Store. Jangan khawatir, tidak ada yang diunduh! Karena setiap penjual pasti akan memiliki pelanggan yang loyal. Jadi, terbitkan aplikasi Anda terlebih dahulu! Metodenya bisa dilihat di bawah.

Tutorial Cara Upload Aplikasi Ke Play Store Dengan Langkah Mudah

Tutorial cara upload aplikasi ke play store sangat mudah, Horinaja berupaya agar penjelasannya simpel dan tidak bertele-tele agar panduan ini bisa anda ikuti langkah-langkahnya dengan benar. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Baca dan ikuti aturan Google Play

Sebelum Anda menerbitkan aplikasi di Google Play, Anda harus memastikan bahwa itu mematuhi kebijakan Google Play. Sebelum Anda mempublikasikan, baca aturan permainan Google Play.

2. Siapkan beberapa tangkapan layar dan ikon

Buat resolusi gambar layar sendiri, 4 tangkapan layar atau lebih dengan ukuran 480x800px PNG. Ikon Resolusi Tinggi adalah 512x512px 32-bit PNG. Mainkan fitur Google PNG seperti grafik 1024x500px untuk menutupi daftar aplikasi Anda.

3. Tulis deskripsi

Deskripsi dibagi menjadi dua. deskripsi singkat dan deskripsi lengkap. Deskripsi lengkap minimal dengan jumlah kata 200 karakter, dan untuk membuat deskripsi pendek maksimal adalah 80 karakter.

Baca:  Cara Menyimpan Video Status WA Orang Lain Ke Galeri HP Android

4. Siapkan apk file atau game yang akan dimuat

Ini yang penting. Sebelum mengikuti tutorial cara upload aplikasi ke play store ini, terlebih dahulu pastikan aplikasi atau game yang akan diupload itu layak diterbitkan dan anda telah mengujinya sebelum aplikasi benar-benar diterbitkan pada Google Play. Kalau anda belum mempunyai aplikasi atau gamenya maka anggap saja sebagai pengetahuan tambahan. Silahkan bookmark dan share tutorial cara upload aplikasi ke playstore ini supaya bermanfaat untuk saudara atau teman yang sedang membutuhkannya.

5. Siapkan akun Google Play

Langkah pertama untuk membuat akun Google Play adalah kunjungi halaman pendaftaran pada link berikut Google Play Developer Console. Kedua, membayar biaya pendaftaran $ 25. Selanjutnya isi rincian akun Anda. INGAT, biaya tersebut hanya diminta pada saat pendaftaran saja dan anda bebas mengupload aplikasi atau game sebanyak-banyaknya. Jadi, anda bisa mengikuti langkah-langkah dalam tutorial cara upload aplikasi ke play store gratis ini dengan sepuasnya.

6. Uji aplikasi Anda sebelum dipublikasikan

Periksa fungsionalitas aplikasi Anda sebelum menerbitkannya ke Google Play. Pastikan Aplikasi Anda tidak dengan BUGS, karena akan dihapus dari Google Play.

7. Publikasikan di pasar google playstore

Kunjungi situs konsol Google Play dan ikuti instruksinya. Kami akan jelaskan disini, langkah pertama klik tombol CREATE AN APPLICATION untuk mulai mengirim aplikasi Anda ke Google Play. Langkah kedua adalah masukkan nama aplikasi Anda, di kolom Judul dan klik tombol CREATE.

Nah, bagaimana? Tutorial cara upload aplikasi ke Play Store di atas sangat mudah diikuti kan. Jika anda masih bingung mau membuat aplikasi atau game seperti apa, Horinaja punya rekomendasi contoh game terbaik lho, anda bisa membacanya pada artikel 20 Game Action Terbaik Android dan iOS dan untuk contoh aplikasinya silahkan baca artikel 20 Aplikasi Edit Foto dan Video terbaik Di Android 2021. Semoga dengan membaca langkah-langkah pada tutorial ini, Anda berhasil membuat aplikasi atau game terbaru dan menguploadnya ke Google Play Store. Selamat berkarya dan tetap semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *