Inilah Cara Ubah Lokasi Folder Temporary Windows 10 Dengan Mudah

Posted on

Inilah Cara Ubah Lokasi Folder Temporary Windows 10 Dengan Mudah | Folder temporary merupakan kumpulan file sementara yang terdapat dalam sebuah laptop atau komputer. Sehingga terkadang ketika proses dilakukan pada sistem maka akan terlalu banyak file sementara yang dibuat. Folder sementara akan terbentuk ketika file sedang diproses atau dikerjakan. Proses file temporary akan berjalan terus dan mampu menyebabkan memori komputer atau laptop Anda mudah penuh, untuk itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara ubah lokasi folder temporary Windows 10.

Berikut langkah-langkah Cara Ubah Lokasi Folder Temporary Windows 10

Perubahan lokasi folder temporary biasanya diubah untuk mengurangi kapasitas memori perangkat Anda. Jika terlalu banyak file sementara yang terbentuk maka bisa membuat perangkat menjadi lemot dan susah diakses. Untuk itu simaklah langkah-langkah cara ubah lokasi folder temporary Windows 10 dengan mudah.

  • Ketika Anda ingin melakukan cara ini maka pastikan tidak sedang dalam melakukan hal apapun seperti download, menulis dan lain sebagainya. Jika masih terdapat kegiatan maka selesaikan terlebih dahulu barulah melakukannya.
  • Masuk ke menu file explore kemudian klik kanan pada this komputer dan pilihlah properties.

Cara-Ubah-Lokasi-Folder-Temporary-Windows-10_1

  • Akan tampil pengaturan operating sistem pada komputer. Dalam menu sistem informasi pilihlah advanced system settings untuk menampilkan tampilan setting secara keseluruhan.

  • Kemudian pilih pada menu advanced klik pada pilihan environment variables. Menu ini diakses untuk menampilkan seluruh variabel yang terdapat dalam folder.
Baca:  Mengulas Cara Mencegah Windows 10 Melakukan Update Driver Secara Otomatis

Cara-Ubah-Lokasi-Folder-Temporary-Windows-10_3

  • Secara umum biasanya ada terdapat lima folder temp yang merupakan bawaan dari file yang sedang berjalan atau dikerjakan. Dalam folder temp memiliki satu miliki user account dan satu lagi milik sistem. Foldernya berbeda karena milik sistem akan terbentuk secara otomatis dan milik user akan terbentuk ketika file di akses.

Cara-Ubah-Lokasi-Folder-Temporary-Windows-10_4

  • Untuk melakukan pengaturan Anda bisa memilih folder yang memiliki varible temp. Lakukan untuk folder sistem dan juga untuk folder user. Kemudian klik edit dan lakukan perubahan data terhadap nama folder tersebut. Pastikan Anda menggunakan nama yang atau memilih folder yang mudah diingat agar ketika ingin mengembalikan pengaturannya bisa memilih folder dengan tepat.
  • Kemudian klik tombol browse directory.

Cara-Ubah-Lokasi-Folder-Temporary-Windows-10_5

  • Akan muncul tampilan berbagai folder yang terdapat pada komputer Anda. Pilihlah folder tujuan yang Anda inginkan. Penting bagi Anda untuk membedakan folder TEMP dan TMP yang mana salah satu miliki sistem dan satunya lagi milik user account. Hal tersebut merupakan default dari Windows 10 yang harus Anda patuhi.

Cara-Ubah-Lokasi-Folder-Temporary-Windows-10_6

  • Jika perubahan sudah dilakukan maka Anda bisa mengklik ok.
  • Lakukan hal yang sama pada folder TEMP yang lainnya sesuai dengan langkah-langkah diatas.

  • Jika seluruh pengaturan sudah sesuai dengan keinginan Anda maka jangan lupa untuk restart komputer. Matikan komputer beberapa saat kemudian hidupkan kembali. Dengan begitu maka pengaturan yang baru akan diterapkan.
  • Hal yang harus Anda ingat adalah jangan memindahkan folder ini di bagian removable disk karena hal tersebut bisa membuat sistem tidak stabil dan bisa mengalami kendala. Akan lebih baik jika meletakkannya pada local disk D.
Baca:  Mengulas Cara Mencegah Windows 10 Melakukan Update Driver Secara Otomatis

  • Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah menyembunyikan folder yang sudah dipindahkan tadi. Karena jika tidak terlihat maka tidak bisa dihapus atau tidak bisa sengaja terhapus.

Itulah cara ubah lokasi folder temporary Windows 10 dengan mudah dan cepat. Hal tersebut bisa membantu untuk membersihkan hardisk dari data yang mungkin tidak terpakai. Karena ketika file sedang diproses dan selama Windows berjalan maka file sementara akan terus terbentuk dengan sendirinya. Hal tersebut bisa menyebabkan sampah pada memori yang sebenarnya data tersebut mungkin sudah tidak terpakai lagi. Baca juga 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik yang Wajib Dibeli di Tahun 2020 untuk anda yang sedang mencari laptop gaming terbaik yang Horinaja rekomendasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *