Tips Cara Menghemat Kuota Internet Selain Menggunakan Wifi

Posted on

Tips Cara Menghemat Kuota Internet Selain Menggunakan Wifi | Sangat sulit untuk menyimpan kuota dalam kemajuan teknologi seperti saat ini, terutama untuk smartphone yang memiliki banyak aplikasi latar belakang. Yang paling menyebalkan adalah kehabisan paket kuota data, terutama ketika elemen-elemen penting memaksa kita untuk menjelajah internet secara tiba-tiba, koneksi internet terputus. Kuota data sering habis, meskipun tidak sering menggunakan browser di smartphone. Karena kehabisan cepat, saya harus pergi untuk membeli kartu perdana lagi atau kuota data unlimited.

Pernahkah Anda merasakannya? Jika demikian, maka itu adalah hal yang sama di alami banyak orang saat ini. Tapi tanpa sepengetahuan anda, ternyata aplikasi latar belakang menyedot data. Jika Anda membeli kartu perdana, Anda masih kehilangan banyak kuota dan maka Anda harus menghematnya sekarang. Metode alternatif adalah menggunakan WiFi. Jika menggunakan WiFi selalu membuang-buang waktu, maka Anda harus menyimak tips cara menghemat kuota internet dengan langkah mudah berikut ini.

Tips Cara Menghemat Kuota Internet Selain Menggunakan Wifi

Tips Cara Menghemat Kouta Internet Selain Menggunakan Wifi

Apabila tidak bisa menggunakan wifi, bisakah kita menghemat kuota? Bisa dong. Yuk simak informasi selengkapnya mengenai tips cara menghemat kuota internet di bawah ini.

1. Tentukan penggunaan data

Baru saja membeli kuota data, tetapi tanpa menyadarinya setelah beberapa jam, kuota data habis. Tiba-tiba, pemberitahuan muncul di bilah status peringatan tentang penggunaan data. Pernahkah Anda merasakannya? Jangan mengecualikan kemungkinan ini terjadi karena Anda menggunakan data secara berlebihan. Penggunaan data mengacu pada jumlah data yang digunakan dalam waktu tertentu. Karena itu, anda dapat menonaktifkan fitur ini untuk menyimpan kuota. Berikut langkah-langkah untuk menonaktifkannya:

  • Buka Pengaturan atau Setting pada telepon pintar
  • Pilih menu Gunakan data
  • Setelah menu kembali muncul, centang kotak berlabel Data Seluler dan Tetapkan Batas Data Seluler.

2. Hentikan fitur pembaruan otomatis di Play Store

Pembaruan otomatis memungkinkan pengguna ponsel cerdas untuk memperbarui fitur dan aplikasi mereka tanpa harus memperbaruinya secara manual. Meskipun, bagi sebagian orang, fitur pembaruan otomatis ini tidak menimbulkan masalah bagi banyak orang, ada juga orang yang merasa kehilangan data kouta. Selain itu membuat kuota data menjadi cepat habis, efek baterai juga akan cepat habis. Fitur pembaruan otomatis memaksa aplikasi unduhan otomatis untuk menggunakan koneksi data atau menggunakan WiFi. Untuk menyimpan kuota data, Anda harus menonaktifkan aktivitas ini sehingga Anda tidak secara otomatis mengunduh koneksi Internet yang terhubung. Caranya adalah dengan langkah-langkah berikut dan melakukannya.

  • Buka aplikasi Play Store
  • Klik pada 3 garis di sudut kiri atas
  • Pilih menu Pengaturan atau setting
  • Ketika muncul, pilih Jangan perbarui aplikasi secara otomatis.
Baca:  Panduan Istilah-Istilah Dalam Komputer Dan Internet

3. Hapus aplikasi pengisap data yang tidak begitu penting

Ada banyak aplikasi yang memungkinkan pengguna ponsel pintar untuk terhubung dengan lebih mudah ke Internet, tetapi tanpa disadari, aplikasi tersebut juga dapat menghabiskan kuota data. Untuk menentukan aplikasi mana yang menggunakan banyak data, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka Pengaturan atau setting
  • Pilih menu Pengaturan data
  • Lihat aplikasi yang menyedot banyak data

Setelah melihat aplikasi, Anda dapat menghapus aplikasi yang tidak berguna menurut Anda karena mengambil banyak data Anda.

4. Nonaktifkan fitur notifikasi pada setiap aplikasi

Ketika ini penting, smartphone tiba-tiba berdering. Anda mungkin mengira ada pesan penting, ternyata hanya pemberitahuan dari aplikasi smartphone yang isinya tidak begitu penting. Pernahkah Anda merasakannya juga? Saat mengunduh aplikasi, fitur notifikasi diaktifkan secara otomatis dan dapat menguras kuota data jika notifikasi sering muncul. Cara menonaktifkan fitur ini cukup mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan atau setting
  • Pilih menu Manajer Aplikasi
  • Pilih dan klik aplikasi yang akan dinonaktifkan fitur notifikasinya
  • Hapus centang Tampilkan pemberitahuan

5. Menonaktifkan koneksi data yang tidak digunakan

Cara termudah dan paling nyaman untuk menyimpan kuota adalah menonaktifkan koneksi data dengan mengklik tombol koneksi data paket ketika tidak digunakan, terutama dalam mode tidur. Jika, ketika kita tidur, koneksi data di smartphone masih aktif, tanpa kita sadari kuota data bisa digunakan hingga 20%. Saat anda tidur, ponsel cerdas selalu terhubung ke Internet selalu mengunduh pemberitahuan dari aplikasi. Akan lebih baik dan lebih efisien jika koneksi data dinonaktifkan. Karena jika data tetap aktif, kuota data tidak hanya bisa habis, tetapi juga akan menghemat baterai smartphone.

Baca:  Panduan Istilah-Istilah Dalam Komputer Dan Internet

6. Mengecilkan Ukuran Resolusi Video Youtube

Tidak bisa dipungkiri, di masa pandemi Corona Covid-19 ini pengguna smartphone yang menonton Youtube semakin meningkat. Karena banyak video pembelajaran online yang diuggah ke Youtube oleh perusahaan yang ditunjuk Menteri Pendidikan dan semua murid wajib menontonnya. Meski sudah mendapat subsidi paket internet multimedia dengan kuota 15Gb sampai dengan 35Gb, jika kita tidak bisa mengatur penggunaannya maka kuota internet tersebut akan habis dengan cepat. Nah, salah satu cara menghemat kuota internet adalah dengan mengurangi resolusi video Youtube yang ditonton. Jika anda biasa nonton Youtube dengan reslusi video 1080p di smatrphone, silahkan ubah resolusinya menjadi 240p dengan cara berikut ini:

  • Buka aplikasi Youtube, lalu pilih video yang akan ditonton.
  • Pause video kemudian masuk ke menu setting dengan menekan 3 titik yang ada di sudut kanan atas.
  • Pilih bagian opsi “Quality”.
  • Selanjutnya pilih resolusi yang diinginkan, misalnya 240p.
  • Selesai.

Video dengan resolusi 240p ini kualitasnya cukup bagus dan jelas jika ditonton pada HP. Disarankan jangan pilih resolusi video yang 144p ya, nanti tulisan di video terkadang tidak bisa terbaca degan jelas. Memang sih, resolusi HD video 1080p lebih jelas dan bagus dibandingkan dengan resolusi 240p. Namun kita bisa menghemat sampai 75% kuota internet yang digunakan ketika menonton video di Youtube.

Oke, itulah informasi mengenai tips cara menghemat kuota internet tanpa menggunakan wifi. Yah, meski tidak hemat 100% seperti ketika menggunakan wifi, tapi setidaknya kita bisa menghemat sampai 75% kuota internet ketika tidak ada jaringan wifi. Bagi anda yang belum tahu, Horinaja punya artikel cara mengetahui password wifi lho. Semoga artikel inin bermanfaat bagi anda. Dan jangan lupa untuk share di akun sosial media anda agar saudara dan teman anda juga bisa mendapatkan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *