Mengulas Cara Mencegah Windows 10 Melakukan Update Driver Secara Otomatis

Posted on

Mengulas Cara Mencegah Windows 10 Update Driver Secara Otomatis | Biasanya pada aturan default sistem Windows akan melakukan update secara otomatis terhadap driver hardware yang terdapat dalam Windows. Hal tersebut sering terjadi untuk memperbarui driver yang terinstall pada komputer atau laptop Anda.

Namun masalah yang sering muncul adalah terkadang driver yang terupdate justru tidak sesuai dengan perangkat yang terpasang. Karena hal tersebutlah banyak orang yang mencari cara mencegah Windows 10 melakukan update driver agar update bisa dilakukan secara manual saja.

Inilah langkah-langkah Cara Mencegah Windows 10 Update Driver Secara Otomatis

Jika sudah terupdate otomatis dan ternyata driver tersebut tidak cocok dengan perangkat maka Anda harus melakukan rollback driver. Hal tersebut tentu akan merepotkan bagi Anda. Untuk itu sebaiknya Anda memperhatikan cara mencegah Windows 10 melakukan update driver berikut ini agar tidak terupdate secara otomatis, terdapat dua versi yang bisa dilakukan melalui registry dan melalui pengaturan sistem.

Berikut langkah-langkah cara mencegah Windows 10 update driver secara otomatis melalui registry

  • Untuk melakukan perubahan maka pastikan Anda tidak sedang bekerja atau sedang mendownload sesuatu. Karena hal tersebut dapat mengganggu saat pengaturan di sistem operasi Windows.
  • Pada layar desktop silahkan gunakan fungsi run dengan cara menekan tombol win bersama dengan R. Setelah keluar fungsi run maka ketikkan pada kolom tersebut gpedit.msc.

Cara Mencegah Windows 10 Melakukan Update Driver Secara Otomatis

  • Perintah tersebut memungkinkan jendela registry muncul.
  • Kemudian pilih computer klik tanda panah ke bawah pada menu configuration/administrative. Akan muncul beberapa menu lain kemudian pilih Windows components. Akan muncul seluruh komponen yang terdapat pada sistem Windows.
  • Pilih bagian menu Windows update. Menu tersebut akan menampilkan berbagai pengaturan pada Windows update.
  • Cari pada list tersebut dan pilihlah ‘Do not include drivers with Windows Update’ untuk memunculkan jendela pengaturan maka klik dua kali pada tulisan tersebut.
Baca:  Inilah Cara Ubah Lokasi Folder Temporary Windows 10 Dengan Mudah

Cara-Mencegah-Windows-10-Melakukan-Update-Driver-Secara-Otomatis-2

  • Akan muncul jendela pengaturan. Pada menu ‘Not Configured’ pilihlah enabled kemudian pilih apply. Maka secara otomatis perubahan pengaturan akan diterapkan. Kemudian klik ok.

Cara-Mencegah-Windows-10-Melakukan-Update-Driver-Secara-Otomatis-3

  • Untuk menyempurnakan pengaturan maka sebaiknya Anda restart komputer atau laptop terlebih dahulu. Ketika menyala kembali maka penerapan yang terbaru akan dilaksanakan, dimana sistem tidak lagi melakukan update secara otomatis.

Berikut langkah-langkah mencegah Windows 10 update driver secara otomatis melalui pengaturan sistem

  • Letakkan pointer pada bagian desktop Anda kemudian klik kanan pada layar dan pilihlah menu system properties.
  • Secara otomatis pengaturan semua sistem yang berjalan pada komputer atau laptop akan muncul.
  • Pilihlah advanced system untuk memunculkan pengaturan secara lebih detail dan menyeluruh. Kemudian pilih menu hardware yang tersedia. Disana akan terlihat settingan hardware yang sudah otomatis ditetapkan.
  • Klik pada bagian device installation settings. Hal tersebut dilakukan untuk memunculkan setting driver apa saja yang teratur dalam komputer atau laptop.
  • Akan muncul pengaturan apakah Anda menginginkan untuk update otomatis atau tidak. Pilihlah tulisan tidak, biarkan saya memilih terlebih dahulu. Perintah tersebut mungkin bagi sistem untuk bertanya terlebih dahulu kepada pengguna sebelum melakukan pembaharuan. Sehingga ketika pembaharuan sudah ada maka sistem akan menanyakan terlebih dahulu kepada pengguna apakah ingin update atau tidak. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Ceklis pada text box bertuliskan jangan pernah install driver software dari Windows update. Hal tersebut membuat sistem tidak akan mengupdate driver sebelum diizinkan
  • Kemudian klik save changes untuk mengupdate perubahan yang dilakukan.
Baca:  Inilah Cara Ubah Lokasi Folder Temporary Windows 10 Dengan Mudah

Sekian informasi mengenai cara mencegah Windows 10 update driver secara otomatis yang disampaikan Horinaja. Hal tersebut akan membuat pengupdatean dilakukan secara manual. Jika Anda ingin melakukan update tinggal update namun jika tidak, tidak perlu diupdate. Namun bagi Anda yang menggunakan Windows 10 Home maka settingannya akan berbeda, karena pada versi tersebut tidak disediakan menu policy editor. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *