Tips sederhana Cara Cek Laptop Bekas Yang Bagus Sebelum Membeli

Tips sederhana cara cek laptop bekas sebelum membeli

Tips sederhana cara cek laptop bekas sebelum membeli | Laptop saat ini cukup dibutuhkan. Tidak hanya untuk siswa dan orang yang bekerja dengan laptop yang sering menggunakan benda-benda ini. Hanya penggunaannya tergantung pada kebutuhan dan kesenangan setiap orang. Beberapa orang lebih suka membeli laptop bekas daripada yang baru. Alasannya biasanya karena harga yang ditawarkan lebih murah. Ini mungkin juga karena kebetulan yang ditawarkan oleh orang lain dengan harga bersahabat.

Saat membeli laptop bekas, pastikan untuk memeriksa peralatannya. Jangan biarkan diri Anda merasa tertipu ketika membeli laptop bekas dan uang hilang percuma. Berikut adalah beberapa tips sederhana cara cek laptop bekas sebelum membeli dan cara memeriksanya:

Tips sederhana Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli

Membeli laptop bekas memang agak riskan bagi anda yang tidak mengerti harga dan spesifikasi laptopnya. Namun jangan khawatir, Horinaja akan memberikan panduan cara cek laptop bekas sebelum membeli. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

  1. Periksa harga pasar

Tips untuk membeli laptop pertama adalah sebelum Anda memutuskan untuk membeli laptop bekas, periksa harga pasar laptop bekas. Sangat penting untuk melakukan penawaran. Anda tidak dapat membeli laptop bekas tanpa mengetahui harga pasaran. Anda mungkin tertipu oleh penjual yang ingin mendapat untung tinggi.

  1. Jangan beli online

Tidak disarankan untuk membeli hal-hal yang tidak kita ketahui tentang kualitasnya secara online. Membeli laptop bekas sangat berisiko. Kemungkinan penipuan lebih tinggi daripada membeli barang secara langsung. Memang, produk online sekarang sangat menggoda, karena banyak yang menawarkan harga lebih murah daripada pembelian langsung. Tetapi untuk laptop disarankan tidak melalui online, karena kita perlu memeriksa laptop yang digunakan.

  1. Pemeriksaan kelengkapan
Baca:  Review Keunggulan Acer Switch 7 Black Edition Beserta Info Harga Terbarunya

Mintalah kelengkapan laptop yang Anda beli. Tanyakan apa yang bisa Anda dapatkan ketika penjual pertama membeli yang baru, dan menyesuaikan dengan kondisi saat Anda membelinya. Tentu saja, Anda tidak akan membeli dengan harga tinggi jika peralatan tidak optimal. Biasanya kelengkapan laptop dalam bentuk laptop, baterai, charge juga bisa mendapat tas laptop sebagai bonus.

  1. Ketahui lama penggunaan

Laptop dengan penggunaan yang lama memiliki kinerja yang berbeda dari laptop baru. Selain itu, spesifikasi untuk laptop yang sangat lama biasanya jauh berbeda dengan laptop baru. Namun biasanya kualitas komponen laptop lama benar-benar tidak baik daripada laptop terbaru. Masalah dengan laptop yang telah lama digunakan adalah RAM dan harddisk yang tidak optimal.

  1. Periksa status segel

Cara cek laptop bekas berikutnya adalah pastikan laptop masih segel karena menunjukkan bahwa laptop tidak pernah rusak untuk membuka bagian dalam. Laptop dengan segel  memiliki harga lebih tinggi dari laptop dengan segel terbuka. Jika segel telah dibuka, pastikan Anda tahu jenis kerusakan yang terjadi pada laptop.

  1. Periksa spesifikasi

Setiap laptop memiliki karakteristik berbeda. Dari prosesor, RAM DDR2 atau DDR3, Hardisk, dan sebagainya. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengetahui harga pasar masing-masing komponen pada laptop. Anda juga harus mengetahui spesifikasi untuk laptop yang sangat lama sebelum laptop yang terakhir digunakan.

  1. Periksa status pengisi daya dan baterai laptop
Baca:  Perbandingan Huawei MateBook 13 vs Huawei MateBook X Pro, Mana yang Lebih Unggul?

Periksa status baterai dan pengisi daya. Laptop yang lebih tua biasanya memiliki baterai portabel. Anda dapat memeriksa ini dengan mengisi penuh baterai dan menggunakannya sampai baterai habis. Pelajari tentang baterai normal pada laptop bekas.

  1. Periksa casing

Kondisi casing atau tampilan laptop dapat mengindikasikan lamanya penggunaan laptop. Selain itu, bisa juga menggambarkan bagaimana laptop itu digunakan sebelumnya. Jika memungkinkan, pilih laptop yang masih baik casingnya, karena penggunaannya lebih hati-hati sebelumnya.

  1. Periksa layar laptop

Layar laptop asli dan layar laptop non-asli sangat berbeda. Pastikan laptop memiliki layar asli. Ini berarti bahwa laptop tidak pernah mengalami kerusakan pada layar. LCD Laptop non-asli mengurangi kegunaan karena biasanya tidak memancarkan efek visual maksimal.

  1. Periksa keyboard

Memeriksa keyboard laptop adalah salah satu tips untuk membeli laptop bekas pakai. Mungkin akan ada jenis kerusakan keyboard laptop. Terutama laptop milik gamer. Pastikan semua keyboard dalam kondisi baik.

Membeli laptop bekas memang perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam memeriksanya. Lebih disarankan untuk mengajak teman yang mengerti tentang spesifikasi laptop dan membelinya di toko komputer saja sehingga anda bisa puas melakukan cek dan ricek laptop bekas sebelum jadi membelinya. Anda juga bisa membaca artikel rekomendasi laptop gaming terbaik yang bisa menjadi pilihan dalam membeli laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *